WhatsApp Blast Gratis

 

Seberapa Penting Diskon?

Menurut Bapak Marketing Modern Dunia, Philip Kotler (2003) diskon adalah pengurangan langsung dari harga barang pada pembelian selama suatu periode yang waktu yang dinyatakan.

Selain meningkatkan penjualan, adanya diskon dapat membantu usaha seseorang dalam menghemat uang terutama jika menggunakan metode pembayaran tertentu.

Pengertian Strategi Marketing Diskon.

Marketing diskon adalah strategi di mana Anda menerapkan potongan harga melalui jumlah pembelian, kupon, kode, atau bundel ke produk untuk meningkatkan penjualan. Strategi marketing diskon diterapkan untuk mencoba mengubah persepsi pelanggan tentang nilai suatu produk atau layanan.

Apakah diskon merugikan penjual?

Sebagian orang mungkin bertanya apakah memberikan diskon akan merugikan usaha atau perusahaan Anda? Sebenarnya, dengan memberikan diskon tidak akan membuat Anda rugi. Justru sebaliknya, adanya diskon yang diberikan akan menguntungkan bagi penjualan produk dan memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan.

Apa manfaat diskon bagi penjual?

Manfaatnya adalah untuk meningkatkan penjualan produk. Tujuan utama dari diskon yang diberikan kepada pelanggan adalah untuk meningkatkan jumlah produk yang terjual. Dengan begitu, angka penjualan akan meningkat dan keuntungan menjadi besar bahkan berlipat ganda dari penjualan biasanya.

Mengapa strategi diskon masih efektif untuk digunakan dalam strategi pemasaran?

Pemberian diskon menjadi salah satu strategi marketing yang masih banyak digunakan oleh para pelaku bisnis. Sebab, strategi diskon masih dinilai efektif untuk menaikkan angka penjualan. Konsumen akan lebih tertarik membeli produk dengan diskon karena dinilai dapat menghemat pengeluaran.

Apa alasan perusahaan memberikan potongan harga?

Selain dapat meningkatkan penjualan, menawarkan potongan harga juga dapat mengosongkan ruang untuk produk atau layanan terbaru, meningkatkan loyalitas pelanggan, dan tentunya yang paling utama meningkatkan keuntungan bisnis.


Apakah diskon termasuk pemasaran?

Dilansir dari jurnal.id, diskon atau potongan harga merupakan salah satu strategi pemasaran produk dalam bisnis yang terbukti masih efektif hingga saat ini. Banyak pelaku bisnis mulai dari level kecil hingga besar yang menggunakan strategi ini.

Apa saja yang mendasari penjual dalam menetapkan harga diskon?

Jawaban: Biasanya para penjual menerapkan strategi penjualan menggunakan diskon untuk menarik minat para pembeli untuk membeli dagangan mereka. Para pembeli tentunya akan lebih tertarik untuk membeli atau bahkan sekadar melihat-lihat barang yang memiliki harga lebih murah/diskon.

Contoh pemberlakuan diskon :

Sering sekali penjual/perusahaan TANPA MENAIKAN HARGA terlebih dahulu tetapi memberikan DISKON.
Kenapa itu dilakukan?
Untuk mendongkrak penjualannya. Karena Diskon diberikan pun penjual/perusahaan tersebut masih mendapatkan profit atau margin.

Jadi, tidak selamanya harus menunggu HARGA PENJUALAN NAIK kemudian diberikan DISKON.
Tetapi tanpa pun menaikan harga penjualan, penjual/perusahaan bisa melakukan diskon.

Apabila Anda belum memahami contoh pemberlakuan diskon yang barusan diatas, Anda bisa membaca kembali pengertian dan maksud "Seberapa Penting Diskon". 
Lebih baru Lebih lama

Lihat juga:

WhatsApp Blast Gratis