WhatsApp Blast Gratis

 

Muscle Memory, bangkitnya otot yang tertidur.

Apabila Anda pernah melakukan kegiatan yang berulang-ulang di masa lalu atau beberpa waktu yang telah berlalu, kemudian berhenti melakukan hal tersebut dan suatu ketika ada di suatu situasi dimana Anda tidak menyangka bahwa Anda dengan mudah melakukan kembali hal tersebut.


Nah, di dunia medis ini dikenal dengan sebutan muscle memory. Meski namanya secara harfiah berarti 'otot', muscle memory tidak tidak sepenuhnya melibatkan otot tubuh. Sebutan ini adalah gabungan dari kerja otot dan otak.

Bayangkan Anda sedang belajar bermain piano. Pada awalnya, Anda harus memikirkan setiap gerakan jari Anda untuk menekan tuts yang benar. Namun, seiring dengan latihan, gerakan-gerakan tersebut menjadi lebih otomatis. Akhirnya, Anda dapat memainkan lagu tanpa harus memikirkan setiap penekanan tuts secara individual. Otak Anda telah menyimpan urutan dan koordinasi gerakan dalam memori otot Anda, sehingga Anda dapat memainkannya secara otomatis.


Kegiatan tertentu seperti berjalan, mengemudi, berolahraga, hingga bermain instrumen bisa diingat dan disimpan sebagai kemampuan motorik". Inilah hal yang disebut dengan muscle memory karena tubuh seperti mengingat pergerakannya.


Apa yang dimaksud dengan muscle memory?


Dari Oxford Languages, muscle memory adalah kemampuan untuk mereproduksi gerakan tertentu tanpa pikiran sadar, yang diperoleh sebagai hasil dari pengulangan gerakan tersebut. Singkatnya, muscle memory adalah ingatan dari otot tubuh terhadap aktivitas yang pernah mereka lakukan.


Bahwa gerakan motorik yang terus dilatih akan terakumulasi menjadi memori otot dan disimpan di otak. Adanya memori otot juga akan membuat kita lebih mudah melakukan kembali sesuatu yang pernah kita lakukan meskipun sudah lama tidak dilakukan atau ada jeda.


Muscle Memory adalah Fenomena Tubuh yang Mengingat melalui Otak mengenai Gerakan Otot. Muscle memory atau memori otot adalah sebuah fenomena ketika otot-otot pada tubuh Anda mengingat apa yang pernah Anda lakukan pada mereka.


Muscle memory merupakan konsep yang mengacu pada kemampuan otot kita untuk “mengingat” pola gerakan tentu.


Meski namanya secara harfiah berarti 'otot', muscle memory tidak tidak sepenuhnya melibatkan otot tubuh. Sebutan ini adalah gabungan dari kerja otot dan otak. Ketika tubuhmu terlatih untuk mengingat suatu gerakan khusus, kemampuan itu akan tersimpan di otak untuk waktu yang lama agar kamu tidak lupa.1

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa muscle memory bisa bertahan selama beberapa bulan hingga beberapa tahun setelah berhenti melakukan aktivitas tersebut.


Apa yang dimaksud muscle memory dan Brain memory?


Kalau brain memory terletak di otak dan menghasilkan hafalan teori dan konsep, muscle memory ini ada di seluruh jaringan otot kita dan menghasilkan refleks otomatis. Manusia membutuhkan keduanya, namun seringkali pendidikan kita lebih mengutamakan pada brain memory. Padahal, muscle memory juga tak kalah penting.


Muscle memory adalah kemampuan luar biasa yang memungkinkan kita melakukan keterampilan motorik dengan lancar dan otomatis. Ini adalah hasil dari kerja sama antara otak dan otot, dan dapat membantu kita menguasai berbagai aktivitas dalam kehidupan sehari-hari.


Saya harap penjelasan ini membantu!

Lebih baru Lebih lama

Lihat juga:

WhatsApp Blast Gratis