WhatsApp Blast Gratis

 

Cara Langkah Yang Benar Agar Website Terlihat Di Google

Agar website muncul di Google atau terindex di Google Pencarian sepertinya saat ini tidak secepat 16 Tahunan yang lalu. Saya ingat sekali saat ditahun 2004 hingga 2015an sangat mudah sekali mengindekskan situs yang kita miliki. Beberapa tahun kemudian Kontes SEO pun berjamuran bahkan dalam sebulan bisa tak jarang ditemukan ada 5 kontes  SEO dengan hadiah yang sangat besar. Efek positif dari adanya Kontes SEO ini membuat banyak bloggers berlomba-lomba mengoptimalkan situsnya secara manual. Dan tak jarang saat itu walaupun kita baru memposting post atau halaman di Blogspot yang baru dibuat langsung hari itu juga bisa terindex di Google.
Tapi saat ini Google merayapi situs-situs baru dengan waktu yang cukup lama. Akhirnya mau tidak mau Webmasterpun harus dipahami oleh para blogger agar muncul di pencarian google atau agar website terdeteksi google.
Cara Langkah Yang Benar Agar Website Terlihat Di Google
Lalu apa yang harus dilakukan agar website muncul di Google Penelusuran?
Silahkan Bookmark situs ini agar nanti kalau anda berhenti atau ingin melanjutkan sangat gampang mencari langkah yang disebut di dalam situs ini. Klik tanda bintang di browser Google Chrome Anda.
Berikut langkah yang benar yang harus dilakukan agar blog muncul di Google !
Langkah cara yang benar agar di pencarian google muncul situs Anda :
1. Buka https://www.google.co.id
2. Ketik site:domainanda (kali ini saya berikan contoh “site:rantausimatupang.com”)
Cara Langkah Yang Benar Agar Website Terlihat Di Google
3. Jika di hasil Google Pencarian belum muncul situs Anda maka mendaftarlah dengan menggunakan Gmail Anda di Google Search Console : https://search.google.com/search-console/welcome.
Ataupun situs Anda sudah muncul tapi cukup banyak postingan di situs Anda yang belum muncul di Google Penelusuran, maka langkah ini juga membutuhkan Google Search Console agar situs Anda bisa di Index di Google. Klik link Google Search Console yang ada di atas untuk masuk mengirimkan situs Anda ke Google.

4. Jika Anda belum pernah mengirimkan situs Anda ke Google Search Console maka ikuti semua langkah yang ada disini (tapi jika sudah pernah mengirimkan situs Anda ke Google Search Console maka langsung ke langkah nomer 7).
Ok, untuk Anda yang baru mengenal Google Search Console silahkan tambahkan website Anda ke Google Search Console. Saran saya, Anda cukup memasukan link ke “Domain New”. Perbedaannya adalah “Domain New” (sebelah kiri) mencakup semua subdomain (m, www, dan sebagainya) dan beberapa protokol (http, https, ftp). Sedangkan “Awalan URL" atau "URL prefix” (sebelah kanan) Hanya mencakup URL dengan awalan persis seperti yang ditentukan, termasuk protokol (http/https). Jika ingin properti Anda cocok dengan protokol atau subdomain apa pun (http/https/www/.m., dan sebagainya). informasi lengkap : https://support.google.com/webmasters/answer/34592#url_prefix_prop_tips. Setelah domain sudah Anda masukan kemudian klik "TERUS" atau "CONTINUE".
5. Ikuti petunjuk yang diminta untuk verifikasi bahwa Anda sebagai penanggung jawab situs yang Anda daftaran tersebut.

6. Setelah itu kirim Sitemap situs anda dengan cara melihat di menu sebelah kiri dengan tulisan “Sitemap” atau “Peta Situs” kemudian tambahkan : 
https://www.rantausimatupang.com/feeds/posts/default?orderby=updated
dan 
https://www.rantausimatupang.com/sitemap.xml
Ganti “rantausimatupang.com” dengan link website anda.
7. Kemudian lihat di bagian atas Sitemap ada menu “URL Inspection” atau “Inspeksi URL” kemudian klik. Kemudian masukan link/url halaman atau postingan situs Anda yang belum muncul di Google di kotak yang ada di samping Google Search Console. Kemudian tekan Enter di keyboard Anda.
Saya berikan contoh postingan saya mengenai “PENGETAHUAN DASAR SEO: PANDUAN LENGKAP PEMULA UNTUK PENGOPTIMALAN MESIN TELUSUR GOOGLE” dengan alamat link : https://www.rantausimatupang.com/2021/04/pengetahuan-dasar-seo-panduan-lengkap.html dan saya masukan ke Kotak tersebut agar terindexing atau muncul di Google Pencarian.
8. Kemudian klik “TEST LIVE URL” atau jika Google Search Console Anda berbahasa Indonesia ada tulisan  “UJI URL AKTIF”.
9. Jika sudah di klik maka akan menunggu sesaat dan akan muncul hasilnya, kemudian klik “REQUEST INDEXING” atau “MINTA PENGINDEXAN”.
10. Setelah itu ada tulisan :
Indexing requested
URL was added to a priority crawl queue. Submitting a page multiple times will not change its queue position or priority. Learn more. 
Atau
Pengindeksan diminta
URL telah ditambahkan ke antrean crawl prioritas. Mengirimkan halaman beberapa kali tidak akan mengubah prioritas atau posisi antrean. Pelajari lebih lanjut.
11. Klik “OK”.
Sudah Selesai.

Sekarang tinggal menunggu sekitar 1 atau 2X24 Jam. Jika postingan link Anda yang tadi sudah muncul di Google dengan mengetikan site:rantausimatupang.com (ganti rantausimatupang.com dengan domain situs anda) maka lakukanlah dengan postingan yang lainnya yang belum muncul.
Sebenarnya jika sudah mengirim sitemap blog Anda ke Google Search Console, Google sedang merayapi isi blog Anda. Tapi namnya juga manusia gak sabaran ya, kirim aja link per link ke Google Search Console agar blog Anda bisa cepat muncul.

Update :

Simsalabim hanya dalam beberapa menit saja link postingan yang saya input di dalam poin ke 7 diatas sudah muncul di Google :
Cara Langkah Yang Benar Agar Website Terlihat Di Google

Bagaimana jika belum muncul?
Kemungkinan besar ada langkah yang Anda lewatkan dalam langkah di atas.
Atau situs anda kena pinalti dan terkena Google SandBox karena situs anda melanggar pedoman Google seperti : backlink situs anda begitu nyepam atau isi konten situs Anda kebanyakan mengcopy dari situs orang lain atau berbagai hal lainnya yang sebenarnya dilarang oleh Google.

Capek ngurusin situs Anda? Ingin agar situs Anda muncul di halaman pertama Google?
Pakai aja Jasa SEO dari Pakar SEO Terbaik Terpercaya Indonesia
Lebih baru Lebih lama

Lihat juga:

WhatsApp Blast Gratis