WhatsApp Blast Gratis

 

Consumer Behavior

Apakah Anda sedang atau ingin menjual produk atau jasa ke masyarakat luas ataupun ke market yang terbatas, seharusnya jangan asal menjual produk/jasa tersebut. Karena kita harus mengenal secara lebih bagaimana perilaku calon konsumen kita mau tertarik membeli produk/jasa yang kita tawarkan sehingga calon konsumen tersebut menjadi konsumen kita. Hal tersebut bisa dikenali dengan cara consumer behaviour atau perilaku konsumen.


Di artikel ini kita akan bahas tuntas caranya untuk menemukan dan mendapatkan market atau konsumen yang kita inginkan.

Apa yang dimaksud consumer behaviour?

Perilaku konsumen (consumer behavior) dapat didefinisikan sebagai kegiatan-kegiatan individu yang secara langsung terlibat dalam mendapatkan dan mempergunakan barang dan jasa, termasuk di dalamnya proses pengambilan keputusan pada persiapan dan penentuan kegiatan-kegiatan tersebut.

Mengapa perusahaan harus memahami customer behavior?

Memahami perilaku konsumen dapat memberikan arah perusahaan dalam mengembangkan produk baru atau layanan baru, menciptakan keunggulan kompetitif di banding dengan para pesaingnya, menentukan strategi harga, membangun saluran pemasaran terintegrasi serta strategi bauran pemasaran lainnya.

Bagaimana cara meningkatkan customer buying behavior?

Strategi Memahami Consumer Behavior :

✔️ Kumpulkan insight dari konsumen secara berkala. 
✔️ Tingkatkan kemampuan social listening. 
✔️ Menempatkan Diri sebagai Consumer.
✔️ Manfaatkan Data (analisis data yang ada).

Faktor apa saja yang mempengaruhi sikap persepsi dan perilaku konsumen?

Umumnya, perilaku konsumen dipengaruhi tiga faktor berikut :

1. Faktor pribadi
Faktor pribadi merupakan minat dan pendapat seseorang sebagai konsumen. Secara khusus, faktor ini juga dipengaruhi oleh demografi seperti:

• usia
• jenis kelamin
• budaya
• profesi
• latar belakang
• dan lain-lain

2. Faktor psikologis
Faktor psikologis merupakan respons dan sikap individu terhadap:

• campaign pemasaranmu
• kebutuhan pribadi sebagai seorang konsumen

3. Faktor sosial
Faktor ini meliputi:

• pengaruh lingkungan
• pengaruh media sosial
• kelas sosial
• pendapatan
• tingkat pendidikan
• dan lain-lain

4. Faktor budaya
Faktor ini menunjukkan bahwa minat pelanggan dibentuk oleh beberapa hal, seperti:

• nilai-nilai dan ideologi komunitas mereka
• kepercayaan komunitas
• kebutuhan keluarga dan komunitas
• kelas sosial

Macam-macam tingkah laku/prilakun konsumen?

Secara umum, terdapat empat tipe dari perilaku konsumen. 
Berikut penjelasannya.

๐Ÿ”Ž Complex buying behavior.
Jenis perilaku ini ditemui ketika konsumen membeli produk yang mahal dan frekuensi pembelian yang jarang. Mereka sangat terlibat dalam proses pembelian produk tersebut dan bersedia melakukan penelitian mendalam sebelum melakukan investasi bernilai tinggi. Contoh dari complex buying behavior adalah konsumen yang membeli rumah atau mobil.

๐Ÿ”Ž Dissonance reducing buying behavior.
Pada perilaku ini, konsumen sangat terlibat dalam proses pembelian namun mengalami kesulitan saat membedakan produk yang satu dengan yang lainnya. Disonansi dapat terjadi ketika konsumen khawatir akan menyesali pilihannya.

Bayangkan ketika Anda membeli mesin pemotong rumput. Anda akan memilih berdasarkan harga dan kenyamanan saat pemakaian. Namun setelah produk dibeli, Anda akan terus meyakinkan diri sendiri bahwa Anda telah membuat pilihan yang tepat.

๐Ÿ”Ž Habitual buying behavior.
Habitual buying behavior dicirikan oleh fakta bahwa konsumen memiliki keterikatan yang sangat kecil untuk sebuah produk atau merek, contohnya ketika Anda membeli roti di swalayan. Itu menunjukkan pola kebiasaan, bukan loyalitas merek yang kuat.

๐Ÿ”Ž Variety seeking behavior.
Dalam jenis perilaku ini, konsumen membeli produk yang berbeda bukan karena mereka tidak puas dengan produk sebelumnya, tetapi karena mereka mencari variasi. Contohnya ketika seperti Anda membeli sabun mandi yang baru karena ingin mencoba aroma yang lain dari sabun sebelumnya.

Apa tujuan dari mempelajari perilaku konsumen?

Dengan mempelajari perilaku konsumen dapat memberikan pengetahuan kepada para pemasar dengan dasar pengetahuan analisis konsumen. Apa yang sedang dibutuhkan konsumen, mengapa konsumen ingin membeli, berapa banyak yang dibutuhkan sehingga tahu apa yang sedang terjadi pada konsumen.

Informasi diatas adalah jenis perilaku konsumen atau customer behavior yang sangat berguna bagi Anda dalam menentukan strategi pemasaran untuk menggaet konsumen baru sekaligus mempertahankan konsumen lama.

Semoga bermanfaat ya.


Anda juga bisa membaca berbagai hal menarik di artikel Marketing di sini : https://www.rantausimatupang.com/search/label/Marketing


Literatur:
https://tinc.id/blogDetail/consumer-behavior-adalah-definisi-jenisjenis-dan-cara-memahaminya
https://glints.com/id/lowongan/perilaku-konsumen/
https://startupstudio.id/pengertian-customer-behavior-dan-tipe-tipenya/
Lebih baru Lebih lama

Lihat juga:

WhatsApp Blast Gratis